(0362)21985
setda@bulelengkab.go.id
Sekretariat Daerah

PLTMH Tamblang Diresmikan

Admin setda | 13 November 2013 | 1083 kali

Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro yang berada di Desa Tamblang Kecamatan Kubutambahan diresmikan Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana pada hari Selasa (12/11). Menurut Dr.Widiartha dari LPM Teknik Mesin Unud yang menangani pembuatan PLTMH Tamblang, pengerjaan PLTMH atas biaya PT Astra Honda Motor dilakukan selain memanfaatkan hasil kajian sebelumnya, juga melaui riset dari bulan Maret lalu lanjut pengerjaannya rampung bulan Nopember 2013.
Bupati Buleleng mengapresiasi langkah PT Astra membantu pembangunan PLTMH di Desa Tamblang karena dapat membantu kebutuhan masyarakat pada listrik murah, khususnya para UKM  setempat. Sementara kepada perbekel desa Tamblang, diminta memikirkan bagaimana merawat PLTMH dan juga melakukan koordinasi dengan Dinas Kehutanan untuk melakukan konservasi agar debit air sungai yang dimanfaatkan untuk PLTMH tetap berkesinambungan. Dipaparkan juga Pemkab Buleleng sedang mengkaji pembangunan PLTS di Sanih agar dapat mengatasi permasalahan air pada musim kemarau di Kubutambahan terutama di daerah-daerah yang kering.
Sementara itu Perbekel Tamblang I Nengah Sudarsana mengatakan keeradaan PLTMH Tamblang tidak mengganggu pemanfaatan air sungai oleh subak. Selain itu kebradaan pembangkit listrik ini sangat bermanfaat bagi UKM di desa Tamblang. Dengan listrik murah diharapkan akan dapat menekan biaya produksi. Namun demikian karena kondisi debit air yang tergantung musim berdampak pada voltase listrik dimana saat ini voltase yang didapat  sebesar 240-250. Untuk itu pihaknya mengharapkan adanya perhatian dari LPM Teknik Mesin Unud  nantinya dapat membantu menstabilkan voltase listrik di 220 agar tidak mengganggu pemanfaatan oleh UKM.
Usai penandatangan peresmian oleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana , lanjut PT Astra Honda Motor yang diwakili oleh Cristanto menyerahkan pengelolaan PLTMH Tamblang kepada I Gede Suniyasa Kepala Bumdes Tamblang.
Dalam kesempatan itu Bupati didampingi Wakil Bupati Buleleng dr.Nyoman Sutjidra serta anggota DPRD Buleleng Gede Supriatna meninjau lokasi turbin dan menekan tombol pengoperasian PLTMH Tamblang sebagai tanda peresmian.