(0362)21985 setda@bulelengkab.go.id
Sekretariat Daerah
Hingga Minggu ke Sembilan, Pembangunan RTH Bung Karno Tahap IV Alami Deviasi Positif 8,48 Persen
Admin setda | 15 Juli 2021 | Dibaca 33 kali

 

 

Pembangunan Ruang Terbuka hijau (RTH)  Bung Karno tahap IV yang dimulai dari Bulan Mei tahun 2021 yang lalu sampai dengan minggu ke sembilan sudah mengalami deviasi positif sebesar 8,48 persen dari yang ditargetkan.

 

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah Buleleng Gede Suyasa saat  turun langung untuk melihat proses pengerjaan RTH Bung Karno, Kamis siang (15/7).

 

Gede Suyasa menjelaskan meski dalam masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat Jawa-Bali yang sudah diintruksikan oleh Pemerintah Pusat, pekerjaan konstruksi masih diizinkan 100 persen. Oleh karena itu, pembangunan tahap IV sampai dengan bulan Juli mencapai perkembangan yang signifikan. “Kesempatan ini agar bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk bisa mengejar target sesuai dengan tenggat waktu yang sudah disepakati,” jelasnya.

 

Sampai dengan minggu ke sembilan, pengerjaan telah mencapai 17,9 persen. Dari target sebesar 9,45 persen. Ini berarti pengerjaan telah mengalami deviasi positif sebesar 8,48 persen. Dengan capaian tersebut, pengerjaan diharapkan tidak asal cepat dan memenuhi target dari yang telah ditentukan di kontrak. Ia mengingatkan kepada Tim Pengawas proyek RTH Bung Karno untuk menjaga kualitas dan spesifikasi. “Terlebih proyek ini merupakan  konstruksi yang akan dimanfaatkan oleh publik. Maka kualitasnya harus benar-benar dijaga dan spesifikasi bangunannyan harus tepat,” ujar Suyasa

 

Sementara itu, Pimpinan Tim Pengawas Proyek RTH Taman Bung Karno Ni Putu Eka Dewi  menyebutkan tenaga kerja yang dilibatkan sebanyak 90 orang. Dengan memanfaatkan tenaga kerja lokal Buleleng. Hanya pematung yang dari Gianyar. Semuanya penstruktur, andesit dan lainnya semua dari Buleleng. Selama PPKM darurat, diberlakukannya pengaturan pengerjaan Proyek RTH Bung karno masih seperti  biasa. Dimulai dari pukul 08.00 WITA sampai pukul 17.00 WITA. Hanya saja tidak ada lembur untuk para pekerja. ”Astungkara kami bekerja di ruang terbuka. Dari awal kami bekerja tetap menjalankan Protokol Kesehatan (Prokes). Terlebih lagi setiap hari Selasa dan Jumat kami juga adakan pengarahan terhadap para pekerja untuk memberikan edukasi demi menerapkan Prokes dimulai dari pengecekan suhu tubuh dan yang lainnya,” imbuhnya

 

Dirinya mengatakan sampai saat ini proyek RTH Bung Karno Tahap IV  ada 20 area pekerjaan. Dimulai dari bangunan wantilan, rumah genset, beberapa renovasi, patung Singa Ambara Raja beserta panggungnya. Kolam air mancur dengan lampu yang akan juga difungsikan sebagai kolam ikan. Ada juga jogging track dengan pasangan andesit. Pekerjaan taman dengan tiga tipe, pekerjaan pagar dan pintu gerbang. ”Dengan ada 20 area pekerjaan kita targetkan tuntas pada 6 Desember 2021 mendatang,” pungkas Eka Dewi. (ama)

Share Berita Ini :