(0362)21985
setda@bulelengkab.go.id
Sekretariat Daerah

Bukan Hanya Ungkapan Kasih Sayang, Pelukan Juga Memiliki Beragam Manfaat

Admin setda | 16 April 2014 | 1126 kali

Pelukan ternyata bukan hanya sebuah ekspresi kasih sayang. Sebuah pelukan juga memiliki manfaat bagi orang yang melakukannya. Berikut manfaat berpelukan, seperti dilansir huffingtonpost.com:

Membuat Anda merasa nyaman

Pelukan dapat membuat tubuh mengeluarkan hormon oksitosin yang membuat Anda merasa hangat dan nyaman.

Menurunkan tekanan darah rendah

Selain membuat Anda merasa nyaman, hormon yang diproduksi saat berpelukan juga dapat membuat tekanan darah menjadi turun.

Menghilangkan ketakutan

Pelukan sayang pada anak Anda akan menghilangkan perasaan takutnya. Hal ini pun telah dibuktikan dalam penelitian. Bahkan dengan memeluk boneka, rasa takut di dalam hati akan sedikit berkurang.

Baik untuk jantung

Detak jantung orang yang telah berpelukan akan lebih pelan 10 detakan per menit dari pada orang yang sama sekali tidak berpelukan. Hal ini tentu baik bagi kinerja jantung.

Anak yang banyak dipeluk sejak bayi lebih kebal stres saat dewasa

Dalam pertumbuhannya, anak butuh kasih sayang orang di sekitarnya. Dengan memeluknya, mereka akan merasa nyaman dan tidak takut akan hal yang mereka hadapi.

Pereda stres

Hormon stres yang disebut kortisol akan turun kadarnya dalam tubuh setelah Anda berpelukan. Oleh karena itu peluklah orang tersayang Anda jika Anda sedang merasa stres atau banyak beban pikiran.

Baik bagi orang yang sudah tua

Orang yang sudah tua lebih rentan pada penyakit fisik maupun psikologis. Dengan berpelukan, mereka akan merasa lebih banyak dukungan dan tidak sendirian. Karena itu pelukan baik untuk kesehatan mereka.