Tupoksi

  • Admin Bulelengkab
  • 29 Pebruari 2016
  • Dibaca: 52894 Pengunjung

TUGAS : Sekretariat Daerah mempunyai Tugas Pokok membantu Bupati dalam menyusun kebijakan dan pelaksanaan pemerintahan serta mengkoordinasikan seluruh Perangkat Daerah.

FUNGSI : Untuk melaksanakan Tugas Pokok tersebut di atas, Sekretariat Daerah mempunyai fungsi mengkoordinasikan dan merumuskan kebijakan Pemerintah Daerah, mengkoordinasikan dan mengevaluasi pelaksanaan tugas dan kegiatan seluruh perangkat daerah, memantau dan mengevaluasi pelaksanaan kebijakan pemerintah daerah, melaksanaan pembinaan administrasi pemerintah, aparatur, organisasi dan tata laksana  serta memberikan pelayanan teknis administrasi kepada seluruh perangkat daerah, mengelola sumber daya aparatur, keuangan, sarana dan prasarana pemerintah daerah dan melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Bupati. 

URAIAN TUGAS : Sekda mempunyai Tugas Pokok dan Fungsi menyusun rencana kegiatan Sekretariat Daerah, berdasarkan data, program dan kebijakan  yang ditetapkan oleh Bupati serta ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja, merumuskan kebijakan operasional Sekretariat Daerah berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, memimpin dan mengkoordinasikan bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan dengan harmonis dan saling mendukung sesuai  peraturan perundang-undangan yang berlaku, memberi petunjuk dan bimbingan kepada bawahan agar dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan yang diharapkan, mengatur dan mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugas dan permasalahannya, memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja bawahan dengan cara mencocokkan dengan petunjuk kerja yang diberikan dan ketentuan yang berlaku agar tercapai kesesuaian dan kebenaran hasil kerja, menilai prestasi kerja bawahan berdasarkan hasil yang dicapai sebagai bahan pertimbangan dalam peningkatan karier, menyusun kebijakan dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah, merumuskan sasaran yang hendak dicapai dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah, merencanakan program kerja dan anggaran pembiayaan, mengkoordinasikan dan merumuskan kebijakan Pemerintah Daerah, mengkoordinasikan dan mengevaluasi pelaksanaan tugas dan kegiatan seluruh perangkat daerah, memantau dan mengevaluasi pelaksanaan kebijakan pemerintah daerah, melaksanakan pembinaan administrasi pemerintah, aparatur, organisasi, dan tata laksana serta memberikan pelayanan teknis administrasi  kepada seluruh perangkat daerah, melaksanakan pengelolaan sumber daya aparatur, keuangan, sarana dan prasarana Pemerintah Daerah, mengkoordinasikan dan membagi tugas kepada para asisten sesuai bidang tugasnya, mengkoordinasikan pelaksanaan tugas - tugas  staf ahli sesuai bidang tugasnya, melaksanakan pengawasan, pemantauan dan evaluasi penggunaan anggaran pada seluruh Perangkat Daerah, Kecamatan, Kelurahan dan Desa, melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait lainnya sesuai bidang tugas dan permasalahannya, mengendalikan dan membina seluruh staf selaku aparatur pemerintah, mengkoordinasikan dan mengendalikan kegiatan dan anggaran yang dilakukan oleh perangkat daerah, melaksanakan pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan yang dilakukan oleh perangkat daerah, melaporkan pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya kepada Bupati dan melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan atasan. Sekda dalam melaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Bupati

Share Post :