Desa Galungan Menjadi Lokasi Pilot Project Gerakan 10 Program Pokok PKK

  • Admin Setda
  • 10 Mei 2019
  • Dibaca: 33 Pengunjung
 
Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Bali menyelenggarakan kegiatan harmonisasi dan sinkronisasi gerakan PKK tahun 2019 bertempat di Aula Desa Galungan, Kecamatan Sawan, Jumat (10/5). Desa Galungan sendiri menjadi lokasi percontohan atau pilot project Gerakan 10 Program Pokok PKK yang lebih komprehensif dan masif dimana memadukan seluruh kegiatan pada masing-masing pokja menjadi 1 (satu) kesatuan yang tidak terpisahkan pada 1 (satu) lokasi. 
 
Wakil Ketua ll Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Ny. Artadana yang mewakili Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster menjelaskan kegiatan yang diselenggarakan ini merupakan langkah kecil untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga di Provinsi Bali dan merubah stigma masyarakat tentang Tim Penggerak PKK yang katanya persatuan kain kebaya dan perempuan kurang kerjaan, melalui kegiatan ini Tim Penggerak PKK ingin membuktikan bahwa stigma itu salah dan akan menunjukkan hasil kerja nyata.
 
Ny. Artadana menambahkan Tim Penggerak PKK Provinsi Bali menghadirkan berbagai kegiatan yang mengedepankan keterpaduan antar pokja di seluruh Desa di Provinsi Bali. Salah satunya melalui gerakan Pusat Pangan Sehat dan Lestari (PUSPASARI) melalui program Halaman Asri Teratur dan Nyaman (HATINYA) PKK. Gerakan ini bertujuan untuk mengembalikan fungsi natah bali yang asri dan bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan keluarga.
 
Tim Penggerak PKK Provinsi Bali memberikan bantuan 15.000.000 rupiah per desa yang menjadi percontohan HATINYA PKK, sebagai tempat belajar bagi desa-desa sekitar bagaimana cara menata pekarangan agar bermanfaat. Dana tersebut dapat dimanfaatkan mulai dari pengolahan tanah, pembelian bibit, pembuatan landscape sampai pemeliharaan sehingga natah bali menjadi hijau lagi. "Besar harapan kami lewat program ini tanah bali menjadi hijau lagi seperti sediakala, " ujar Ny. Artadana
 
Ny. Artadana berharap kegiatan ini dapat berjalan lancar dan terus dapat diadakan secara bertahap dan diperlukan juga sinergitas antara TP PKK Provinsi Bali dengan TP PKK Kabupaten Buleleng serta dukungan dari seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung dan terlibat aktif pada kegiatan ini. 
 
Pada kegiatan ini turut hadir Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Buleleng Ny. Ida Ayu Wardhany Sutjidra, Camat Sawan Drs. I Gusti Ngurah Suradnyana dan SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Buleleng. 
Share Post :